HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MENGGUNAKAN JASA PENERJEMAH

Menggunakan jasa penerjemah merupakan sebuah keuntungan tersendiri, karena banyak hal dalam hidup ini yang membutuhkan bantuannya, seperti tugas menerjemahkan, menerjemahkan novel, komik, karya tulis, artikel dan tulisan tulisan lainnya.

Semua hal tersebut bukanlah hal yang aneh bagi kita, malah untuk sebagian orang semua itu merupakan hal biasa dalam hidupnya. Karena itu, peran dan kerjasama dengan jasa penerjemah sudah umum terjadi, baik itu perorangan, perusahaan ataupun organisasi

Namun, sebelum menentukan untuk memilih jasa penerjemah terpercaya, maka harus diperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Apa yang ingin diterjemahkan
Beda naskah yang ingin diterjemahkan, maka berbeda pula kebutuhan jasa penerjemahnya. Kalau kita hanya ingin menerjemahkan tulisan tulisan pribadi dan biasa, maka bisa menggunakan jasa terjemah yang disediakan teman kita J Berbeda halnya jika kita ingin menerjemahkan dokumen atau arsip kependudukan misalnya, maka jasa penerjemah yang kita butuhkan harus yang berhubungan dengan notaris.

  1. Mencari informasi tentang jasa penerjemah
Kita bisa mencari referensi tentang jasa penerjemah dari beberapa sumber berikut ini :
    • Media massa (surat kabar)
    • Bertanya ke teman atau saudara yang pernah menggunakan jasa penerjemah
    • Forum atau milis
    • Organisasi khusus

  1. Panduan saat memilih jasa penerjemah
Setelah informasi didapatkan, pasti terkumpul beberapa pilihan jasa penerjemah yang bisa kita gunakan. Untuk memilih yang terbaik, maka ikuti saja panduan berikut ini :
    • Ikuti anjuran teman
Lebih baik untuk memilih jasa penerjemah yang dianjurkan oleh teman yang pernah menggunakan jasanya. Jika teman puas dan menganjurkan, berarti jasa yang diberikan cukup berkualitas.

    • Sample atau portfolio
Untuk lebih meyakinkan, kita boleh saja meminta atau mempelajari portfolio dari hasil terjemahan yang sudah pernah dikerjakan oleh jasa penerjemah tersebut.

    • List/ Daftar Klien
Walaupun pilihan ke tiga merupakan sedikit pilihan dalam menentukan dan memilih sebuah jasa penerjemah, akan tetapi merupakan sebuah gambaran bahwa jasa penerjemah tersebut adalah exist dan bonafit (dapat dipercaya)

Demikianlah tips singkat tentang jasa penerjemah. Semoga membantu Anda untuk mencari, menentukan dan memilih jasa penerjemah terpercaya untuk kepentingan Anda.

==========================
Presented by. Mitra Penerjemah - 13/11/2013
(Jasa Penerjemah di Jakarta dengan Penerjemah Tersumpah sebagai staff ahli dalam penerjemahan)

0 komentar: