Belajar Bahasa Tetun




Cerita ini dialami salah seorang teman pena saya. Hal memalukan yang dilakukan hanya karena sok tahu dan mengerti akan bahasa Tetun. Sudah tidak sabar mendengar ceritanya! Jangan dulu, karena sebelumnya akan saya sampaikan sedikit penjelasan mengenai bahasa Tetun.

Bahasa Tetun adalah bahasa yang digunakan oleh orang Timor Leste, salah satu pulau yang pernah menyatu dengan Negara kesatuan Republik Indonesia. Namun, karena alasan tertentu, membuat Timor Leste menjadi Negara merdeka. Padahal kalau dimanfaatkan, Timor Leste memiliki bahasa yang unik dan menarik untuk dipelajari, yaitu bahasa Tetun.

Berikut ini adalah beberapa kalimat dalam bahasa Tetun :

Botarde,
Bon dia,
Obrigado,
Desculpa,
Bon noite,
Lisensa.
Hau husi Indonesia,
hau hela iha becusse centro,
Hau nia naran

Bagaimana? Apakah ada diantara kata kata diatas yang Anda fahami maksudnya?? Kalau tidak berarti Anda harus meminta tolong kepada penerjemahbahasa Tetun.

Oke, langsung saja kita ceritakan tentang teman saya. Sekitar tahun 2011 dia berkunjung ke daerah Dili, dan bertemu dengan masyarakat disana. Baru seminggu disana, teman saya sudah terkena cacar, seluruh badannya gatal dan panas. Karena sok tahu dan sok mengerti bahasa Tetun, dia pun langsung berkata hau katar los kepada petugas klinik kesehatan hingga petugas itu pun tertawa.

Setelah ditanyakan makna sebenarnya dari kalimat tersebut, ternyata artinya adalah “Saya kegatelan sekali”. Pantas saja petugas itu tertawa, padahal maksud teman saya ingin menyampaikan kalau saya (hau) gatal (katar) sekali (los). Itu memang terjemahan per kata, namun untuk penyampaian maksud kalimat tersebut seharusnya disampaikan seperti ini : hau nia isin katar los yang berarti badan saya gatal sekali.

Itu hanya sebagai perumpamaan saja agar kita tidak malu maluin kayak temen saya J. Maksud dari cerita ini adalah, jangan terlalu PD dan yakin terhadap bahasa yang belum kita kuasai dengan benar, karena bisa saja hal itu akan membuat kita malu sendiri.

Jika ada sebuah kesulitan dan tugas tentang bahasa Tetun yang tidak bisa kita selesaikan sendiri, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasapenerjemah bahasa Tetun, karena penerjemah bahasa Tetun lebih tahu apa yang tidak kita tahu dalam urusan tersebut.

==== Selamat mencoba ====


3 comments: