Fungsi Getah Pohon Pisang

Getah Pohon Pisang dan Manfaatnya....
Tahukah kita dengan gambar yang ada disebelah kiri kita ini...? 

Sudah pasti, sebagaian dari kita mengetahuinya...bahkan menyukai buah yang satu ini.

Ya...Buah Pisang namanya...

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah favorit bagi sebagian besar dari masyarakat kita. Selain kaya vitamin, pisang juga merupakan buah yang mudah didapat dan ekonomis. Karena untuk mendapatkan buah tersebut kita tidak perlu khawatir memerlukan uang yang banyak untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, tahukah kita manfaat akan pohon pisang tersebut..??? atau lebih detailnya, manfaat dari Getah Pisang tersebut???

Selain buahnya, pohon pisang ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa terutama khasiat yang terdapat pada getah pohon pisang tersebut. Menurut Yosa Bayu dalam penelitiannya menjelaskan bahwa getah pohon pisang paling sedikit mempunyai 3 unsur/ zat yang berperan dalam penyembuhan terhadap luka. Adapun 3 zat tersebut, diantaranya: ”Saponin, flavonoid, dan asam askorbat,” (Ref. Solopos.com/ Pamuji Tri Nastiti/Miftahul Ulum/juanda: 5/12/2012).

Saponin diyakini berperan dalam pembentukan pembuluh darah baru, flavonoid untuk memperpendek fase peradangan dan mencegah infeksi, serta asam askorbat untuk membentuk jaringan ikat kolagen.

“Bisa digunakan segar tetapi lebih baik diolah menjadi salep,” katanya...

Untuk pengobatan alami, getah pisang sudah sering digunakan sebagai cairan pengering luka. Namun menurut Yosa jika cairan digunakan langsung maka dampaknya tidak terlalu cepat.

Adapun beberapa khasiat getah pisang yang lain, diantaranya:
1. Menyuburkan dan Menumbuhkan Rambut.
2. Mengobati dan Mengeringkan Luka Baru.
3. Mencegah terjadinya Infeksi yang diakibatkan oleh benda tajam atau yang lainnya.
4. Mengurangi dan mengobati sakit gigi maupun gigi yang berlubang.
5. Dll.

Belum pernah mencobanya...??? silahkan coba dan buktikan sendiri...

Berikut gambarnya....

===> Untuk getah pohon pisang, dapat diambil pada bagian batangnya (bonggol/ debog) dan bagian batang dari tangkai daunnya.

" Selamat Mencoba dan Salam Sehat Selalu..."

0 komentar: